PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS PEMBUATAN BATIK JAMBI PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA SMA

Febrina, Wahyuni (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS PEMBUATAN BATIK JAMBI PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA SMA. S2 thesis, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
1. TESIS WAHYUNI FEBRINA P2A522011 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (241kB)
[img] Text
1. Lembar Pengesahan.pdf

Download (612kB)
[img] Text
3. Abstrack.pdf

Download (271kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
10. BAB VI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

Peningkatan keterampilan literasi sains siswa menjadi salah satu fokus penting dalam pendidikan saat ini. Penelitian ini berupaya mengintegrasikan nilai-nilai lokal, khususnya pembuatan batik Jambi, ke dalam pembelajaran sains melalui pengembangan E-Modul berbasis etnosains. Melalui serangkaian tahapan pengembangan, E-Modul ini kemudian diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan literasi sains siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Research & Development bertujuan untuk menghasilkan produk, dan dalam konteks ini, produk yang dikembangkan adalah E-Modul pembelajaran berbasis etnosains pembuatan batik Jambi untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa SMA. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil validasi ahli media diperoleh persentase 91,7% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian guru biologi diperoleh sebesar 90,2% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba untuk melihat respon siswa pada kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 88,5% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 92,67% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan literasi sains siswa SMA danmempromosikan keberlanjutan warisan budaya melalui pembelajaran yang terintegrasi. Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, etnosains, batik Jambi, kurikulum merdeka, literasi sains.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: WAHYUNI FEBRINA
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:19
Last Modified: 07 Jul 2025 02:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81509

Actions (login required)

View Item View Item