Agfarizka, Elda (2025) Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Oleh Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK Terbaru 7 Juli.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB I-1.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (179kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan dampak aplikasi canva dalam pembelajaran menulis teks iklan oleh siswa kelas VIII MTsN 2 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII MTsN 2 Tanjung Jabung Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi canva digunakan guru sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Respon siswa terhadap penggunaan canva sangat positif, siswa merasa lebih termotivasi dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi menulis teks iklan mempermudah guru menyampaikan materi secara menarik dan interaktif. Bagi siswa, Canva meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman terhadap struktur teks iklan melalui visualisasi hasil karya mereka yang menarik. Siswa menjadi lebih kreatif, aktif, percaya diri, dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap struktur teks iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan dan dampak aplikasi canva dalam belajar menulis teks iklan oleh siswa kelas VIII MTsN 2 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan a Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VIII MTsN 2 Tanjung Jabung Timur. Teknik pengumpulan data adalah dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanva Aplikasi ini digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Respon siswa terhadap penggunaan kanva sangat positif, siswa merasa lebih termotivasi dan antusias dalam berpartisipasi dalam belajar. Penggunaan aplikasi Canva dalam belajar bahasa Indonesia, terutama materi untuk menulis teks iklan, memudahkan guru untuk menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan interaktif. Bagi siswa, Canva meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman tentang struktur iklan melalui visualisasi karya mereka yang menarik. Siswa menjadi lebih kreatif, aktif, percaya diri, dan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang struktur teks iklan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | canva, pembelajaran, menulis, teks iklan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | AGFARIZKA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:24 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |