Lestari, Dinda Putri (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR COMICS MATHEMATICS BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PEGESAHAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Lestari, Dinda Putri. 2025. Pengembangan Bahan Ajar Comics Mathematics Berbantuan Augmented Reality untuk Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Literasi Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Comics Mathematics, Augmented Reality, Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi Siswa Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa komik matematika berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), impelemtasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli, tim ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 siswa kelas VIII E pada uji coba kelompok kecil, dan seluruh siswa kelas VIII E yang berjumlah 23 siswa pada uji coba kelompok besar. Hasil penelitian yang diperoleh pada kualitas dari comics mathematics yang dilihat dari tiga kriteria yaitu validitasm praktikalitas, dan efektifitas. Pada kriteria kevalidan dari comics mathematics dari angket validasi ahli materi dan ahli desain. Hasil produk yang didapatkan dari penelitian ini yaitu memenuhi kriteria “sangat valid” dengan persentase kevalidan produk 86%. Produk memenuhi kriteria “sangat praktis”, yaitu berdasarkan hasil penilaian guru dengan persentase 98%, dan hasil penilaian siswa dengan persentase 91%. Produk memenuhi kriteria “cukup efektif” dengan hasil penilaian oleh siswa dengan persentase 84% dan perhitungan nilai gain pada peningkatan kemampuan literasi siswa yakni 0,70 dengan persentase 70% yang termasuk kedalam kategori “cukup efektif”. Disimoulkan bahwa dari penelitian ini comics mathematics berbantuan augmented reality untuk meningkatkan literasi siswa layak diterapkan dalam proses pembelajaran karena terkategori valid, praktis, dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Comics Mathematics, Augmented Reality, Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lestari |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:59 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |