Hubungan model pembelajaran flipped classroom dengan keaktifan belajar siswa materi sistem pencernaan di kelas V sd

Tasya, Anas (2025) Hubungan model pembelajaran flipped classroom dengan keaktifan belajar siswa materi sistem pencernaan di kelas V sd. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
Official URL: htpps://repository.unja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan keaktifan belajar siswa materi sistem pencernaan di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menguji hipotesis, adapun jenis penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih yang dilakukan di UPT SDN 11 Padang Ganting. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket keaktifan dan angket model flipped classroom, sebelum disebarkan instrument angket di validasi oleh ahli (expert judgement). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji validitas dan uji reliabilitas diperoloh semua item valid dan reliabel. Kemudian dilanjutkan uji korelasi produck moment diperoleh hasil nilai p-value (Sig. 2-tailed) sebesar 0,020 menunjukkan nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,020. < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat cukup bukti statistik yang mendukung adanyan hubungan atau korelasi antara model pembelajaran flipped classroom dan keaktifan belajar siswa. Lalu di lihat dari hasil kofisien korelasi yang didapat sebesar 0,502 yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran flipped classroom dengan keaktifan belajar siswa, hal tersebut menggambarkan bahwa semakin optimal penerapan model Flipped Classroom, maka semakin tinggi pula keaktifan belajar siswa. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran flipped classroom dengan keaktifan belajar siswa materi sistem pencernaan di kelas V UPT SDN 11 Padang Ganting.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: FLIPPED CLASSROOM, KEAKTIFAN, SISTEM PENCERNAAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ANAS TASYA
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:06
Last Modified: 08 Jul 2025 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82037

Actions (login required)

View Item View Item