Gifroni, Mhd. (2025) PATH ANALYSIS PENGGUNAAN PAPAN TULIS INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL TASK-TECHNOLOGY FIT (TTF). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_MHD. GIFRONI_F1E121052.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan papan tulis interaktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Task-Technology Fit (TTF), serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dan dampaknya terhadap pembelajaran. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui metode survei, melibatkan 116 responden yang merupakan dosen pengguna papan tulis interaktif. Data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Temuan penelitian menunjukkan bahwa karakteristik tugas dan karakteristik teknologi berpengaruh positif secara signifikan terhadap kecocokan tugas-teknologi. Selanjutnya, kecocokan tugas-teknologi secara signifikan memengaruhi tingkat penggunaan dan dampaknya terhadap kinerja pembelajaran, di mana tingkat penggunaan juga berpengaruh signifikan terhadap dampak kinerja. Hasil ini mengindikasikan bahwa keselarasan antara tugas pengajaran dan karakteristik teknologi dapat meningkatkan penggunaan serta kontribusinya terhadap performa pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya penyediaan dukungan teknologi dan pelatihan yang tepat untuk memaksimalkan manfaat papan tulis interaktif di lingkungan pendidikan tinggi. This study aims to analyze the use of interactive whiteboards in the learning process using the Task-Technology Fit (TTF) model and to identify the influencing factors and their impact on learning. A quantitative approach was employed through a survey method, involving 116 respondents who are lecturers using interactive whiteboards. Data were analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 4. The findings reveal that task characteristics and technology characteristics have a significant positive influence on task-technology fit. Furthermore, task-technology fit significantly affects utilization and performance impact, while utilization also has a significant effect on performance impact. These results indicate that alignment between teaching tasks and the characteristics of the technology enhances both its usage and its contribution to learning performance. The study highlights the importance of providing appropriate technological support and training to maximize the benefits of interactive whiteboards in higher education environments.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Task-Technology Fit, interactive whiteboard, technology adoption |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Gifroni |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |