PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

KRISMIATI, WIJI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. JURNAL PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (277kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI Wiji Krismiati Abstrak Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran ekonomi salah satunya kurang percaya diri, kurangnya kemauan pada diri siswa untuk belajar sehingga siswa dapat dikatakan masih kurang mandiri dalam belajar dan tidak percaya diri ketika menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemandirian siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) jika dibandingkan menggunakan model perbandingan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, data penelitian ini diperoleh dengan mengisi lembar observasi awal pada siswa yang dilakukan sebelum menggnakan model, kemudian diberikan perlakuan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Setelah dilakukan observasi akhir dilakukan dengan mengisi lembar observasi akhir, dan hasil lembar observasi kemandirian siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata observasi awal kemandirian siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebesar 32,14 menjadi 41,24. Begitu juga dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) rata-rata hasil observasi awal kemandirian siswa 27,74 menjadi 38,05. Perhitungan uji-t sebesar 2,071. Dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,685. Dengan demikian t hitung > t tabel atau 2,071>1,685 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan bahwa kemandirian siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI lebih tinggi dibandingkan kemandirian siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD. Kata Kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Kemandirian siswa, Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIJI KRISMIATI
Date Deposited: 09 Jul 2019 07:02
Last Modified: 09 Jul 2019 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8240

Actions (login required)

View Item View Item