Muhaimin, Raihan (2025) IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE MANAJEMEN UMRAH PADA PT. AJWA TOUR DENGAN PENDEKATAN METODE KANBAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE MANAJEMEN UMRAH PADA PT full revisi TTD.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi mobile manajemen umrah pada PT. Ajwa Tour Kota Jambi dengan menggunakan pendekatan metode Kanban. Latar belakang dari penelitian ini adalah kebutuhan biro perjalanan umrah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam promosi, komunikasi, serta manajemen jamaah. Proses yang sebelumnya dilakukan secara konvensional menyulitkan tim marketing dan IT dalam menjangkau calon jamaah dan menyampaikan informasi secara real-time. Dalam pengembangan sistem, metode Kanban dipilih karena fleksibel dalam penyesuaian prioritas pekerjaan dan sangat cocok untuk proyek pengembangan aplikasi yang dinamis. Aplikasi dikembangkan menggunakan framework Flutter, dan diuji menggunakan metode Blackbox Testing dengan bantuan tools Appium. Siklus pengembangan mengikuti tahapan dalam Kanban, yaitu Product Backlog, Planning, Doing, Testing, dan Done, serta dilanjutkan dengan Deployment. Fitur utama dalam aplikasi ini meliputi onboarding, login, daftar paket umrah, jadwal perjalanan, panduan umrah, sistem pembayaran, Al-Qur’an digital, doa-doa, daftar barang bawaan, profil pengguna, notifikasi, serta riwayat dan review perjalanan. Aplikasi ini mampu berjalan di platform Android dan memberikan kemudahan bagi jamaah dalam mengakses seluruh informasi dan layanan yang dibutuhkan selama proses umrah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan sesuai dengan harapan tanpa ditemukan bug berarti. Pengujian dilakukan secara otomatis dan manual menggunakan pendekatan blackbox, dengan perhitungan keberhasilan lebih dari 90%. Dengan sistem ini, PT. Ajwa Tour dapat meningkatkan layanan kepada jamaah secara signifikan dan menjadi solusi digital yang adaptif di era transformasi digital ibadah umrah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Umrah,Aplikasi Mobile,Kanban,Flutter, Blackbox Testing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | MUHAIMIN |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |