Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa Kelas XII F5 SMA N 7 Kota Jambi

Pasaribu, Jellyna (2025) Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa Kelas XII F5 SMA N 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (146kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasikan kesulitan yang dihadapi siswa terkait dengan pemahaman konsep dalam mengerjakan soal berdasarkan dari keyakinan (self-efficacy). Penelitian ini difokuskan pada eksplorasi siswa dengan self-efficacy sedang, karena memiliki potensi berusaha dalam menghadapi kesulitan, tetapi cenderung kurang hati-hati dan teliti dalam menyelesaikan soal. Materi matriks dipilih karena berdasarkan berdasarkan observasi awal, siswa di SMA N 7 Kota Jambi sering menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan konsep ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan partisipan siswa kelas XII F5 SMA N 7 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan meliputi angket self-efficacy, soal pemahaman konsep matematis, dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan hasil angket self-efficacy untuk mengidentifikasi siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data melalui pemberian soal pemahaman konsep matematis, serta wawancara mendalam. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori self-efficacy tinggi memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep, siswa dengan kategori self- efficacy sedang memenuhi 4 dari 7 indikator pemahaman konsep, sementara siswa dengan kategori self-efficacy rendah memenuhi 1 dari 7 indikator. Penelitian ini menunjukkan pentingnya self-efficacy bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, terutama untuk pendidik dalam merancang strategi pembelajaran agar mengoptimalkan keyakinan siswa. Penelitian ini selanjutnya disarankan untuk mengkaji faktor lain yang turut mempengaruhi self-efficacy siswa yang mempunyai kecenderungan bertahan dan menghadapi tantangan untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan memahami konsep, pemahaman konsep, self-efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: JELLYNA PASARIBU
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:39
Last Modified: 09 Jul 2025 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82731

Actions (login required)

View Item View Item