PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Naibaho, Monica (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Monica Naibaho.pdf

Download (184kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
SKRIPSI FINAL A1C221014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini muncul dari rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, kurangnya pemanfaatan bahan media ajar yang interaktif, dan memanfaatkan media teknologi. Oleh karena nya diperlukan tujuan untuk untuk mengembangkan dan mengevaluasi e-modul sebagai alat pembelajatan interaktif untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Inquiry Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar guna mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli desain, angket kepraktisan guru dan siswa, serta tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 91,1%, sedangkan validasi oleh ahli desain menghasilkan tingkat kevalidan sebesar 91,7%, keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 89,6% dan oleh siswa 92,5%, yang dikategorikan sangat praktis. Uji keefektifan melalui perbandingan pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,72 yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, e-modul berbasis Inquiry Based Learning ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar interaktif dalam pembelajaran matematika di SMP untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. The research problem arises from students' low creative thinking skills, the lack of use of interactive teaching media, and the lack of technological media. Therefore, it is necessary to develop and evaluate an e-module as an interactive learning tool to support students' creative thinking skills in the subject of Flat-Sided Solid Geometry. This study aims to develop an Inquiry-Based Learning-based e-module on the subject of Flat-Sided Solid Geometry to support the creative thinking skills of junior high school students. The study employed a Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The trial subjects were eighth-grade students of SMP Negeri 16, Jambi City. The instruments used consisted of validation sheets from material experts and design experts, teacher and student practicality questionnaires, and a creative thinking ability test. The validation results by material experts showed a validity level of 91.1%, while the validation by design experts resulted in a validity level of 91.7%, both of which fall into the very valid category. The practicality test by teachers obtained a score of 89.6% and by students 92.5%, which is categorized as very practical. Effectiveness testing through a comparison of the pretest and posttest showed an increase in creative thinking skills with an average N-Gain value of 0.72, which is considered high. Thus, this Inquiry-Based Learning-based e-module is declared suitable for use as an interactive teaching material in junior high school mathematics learning to improve students' creative thinking skills.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : E-Modul, Inquiry Based Learning, Berpikir Kreatif, Bangun Ruang E-Modul, Inquiry Based Learning, Berpikir Kreatif, Bangun RuangSisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Naibaho
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:44
Last Modified: 02 Aug 2025 09:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82958

Actions (login required)

View Item View Item