Analisis Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Kedisiplinan Anak di Sekolah Dasar Negeri 015/IX Kebon IX

Deara Yulia, Evania (2025) Analisis Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Kedisiplinan Anak di Sekolah Dasar Negeri 015/IX Kebon IX. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak_Deara Yulia Evania.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1_Deara Yulia Evania.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 5_Deara Yulia Evania.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Daftar Rujukan_Deara Yulia Evania.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Deara Yulia Evania_A1D118154_Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Di tingkat sekolah dasar, kedisiplinan merupakan dasar penting bagi anak-anak dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang positif. Namun, rendahnya tingkat kedisiplinan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi isu yang serius bagi pendidik, orang tua, dan masyarakat. Di SD Negeri 015/IX Kebon IX, masalah rendahnya kedisiplinan menjadi perhatian utama karena dapat berdampak pada proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan siswa serta dampaknya terhadap perilaku siswa. Aspe -aspek yang mencerminkan rendahnya kedisiplinan siswa meliputi ketepatan waktu dalam mengikuti pelajaran, kepatuhan terhadap peraturan sekolah, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas VA di SD Negeri 015/IX Kebon IX untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya kedisiplinan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap guru kelas VA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kedisiplinan siswa kelas VA di SD Negeri 015/IX Kebon IX dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa, seperti kurangnya minat belajar, sedangkan faktor eksternal terkait dengan pola asuh orang tua yang kurang memperhatikan atau memberikan nasihat kepada anak. ABSTRACT At the elementary school level, discipline is an important foundation for children in developing positive attitudes and behaviors. However, the low level of discipline among elementary school students has become a serious issue for educators, parents, and the community. At SD Negeri 015/IX Kebon IX, the problem of low discipline is a primary concern because it can impact the teaching and learning process. The purpose of this study is to identifany and analyze the factors that cause low student discipline and its impact on student behavior. Aspects that reflect low student discipline include punctuality in attending lessons, adherence to school rules, and responsibility in completing assignments. This research focuses on fifth-grade students at SD Negeri 015/IX Kebon IX to identify the factors contributing to their low discipline. The method used in this study is a qualitative approach, with data collection through interviews and observations of the fifth-grade teacher. The results indicate that the low discipline of fifth-grade students at SD Negeri 015/IX Kebon IX is influenced by both internal and external factors. Internal factors stem from the students themselves, such as a lack of interest in learning, while external factors relate to parenting styles that do not pay enough attention to or advise the children.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Perilaku, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Evania
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:43
Last Modified: 11 Jul 2025 03:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83001

Actions (login required)

View Item View Item