Pengaruh Media Pupet Show Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko

Pahlefi, Naura and Utami, Winda and Harianja, Sri (2025) Pengaruh Media Pupet Show Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ONLY ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
ONLY BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
ONLY BAB 5.pdf

Download (264kB)
[img] Text
ONLY COVER.pdf

Download (156kB)
[img] Text
ONLY DAPUS.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak belum mampu menjawab pertanyaan sederhana, menyebutkan kembali isi cerita, serta kesulitan menyampaikan ide atau gagasan secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puppet show terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B7 TK Negeri Pembina 2 Bangko yang berjumlah 29 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purpose sampling. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari tiga indikator menurut teori Watson & Glaser: mengenali asumsi, mengevaluasi argumen, dan menarik kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test sebesar 12,28 dengan jumlah skor 356 dan rata-rata skor post-test sebesar 19,72 dengan jumlah skor 572. Terdapat peningkatan skor sebesar 7,44 poin. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 25,896 > 2,052 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media puppet show terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko. Dengan demikian, media puppet show dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. This research was motivated by the researcher’s observations showing that the critical thinking skills of 5–6-year-old children at TK Negeri Pembina 2 Bangko were still relatively low. This was evident from the fact that most children were unable to answer simple questions, retell the content of a story, or express ideas and thoughts logically. This study aimed to determine the effect of using puppet show media on the critical thinking skills of 5–6-year-old children at TK Negeri Pembina 2 Bangko. This research employed a quantitative approach with an experimental method. The design used was a pre-experimental design in the form of a one-group pretest-posttest design. The population in this study consisted of 29 children from group B7 at TK Negeri Pembina 2 Bangko. The sampling technique used was purposive sampling. The research instrument was a critical thinking assessment rubric consisting of three indicators based on Watson & Glaser’s theory: recognizing assumptions, evaluating arguments, and drawing conclusions. Data analysis techniques included normality test, homogeneity test, and hypothesis testing. The results showed that the mean pre-test score was 12.28 with a total score of 356, and the mean post-test score was 19.72 with a total score of 572, indicating an increase of 7.44 points. The hypothesis test result showed that tcount > ttable, namely 25.896 > 2.052 at a significance level of α = 0.05. This means that the use of puppet show media had a significant effect on the critical thinking skills of 5–6-year-old children at TK Negeri Pembina 2 Bangko. Therefore, puppet show media can be used as an effective alternative learning tool to improve critical thinking skills in early childhood.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Puppet show, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: NAURA SALSABILA PUTRI PAHLEFI
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:55
Last Modified: 10 Jul 2025 08:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83347

Actions (login required)

View Item View Item