Asmarida, Dheanisya Putri (2025) Penggunaan Media Podcast dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
FULL DRAFT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HAL PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (674kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan media podcast dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII A SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana media podcast digunakan dalam kegiatan pembelajaran menulis teks berita. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui hasil menulis teks berita siswa, penyebaran angket kepada peserta didik, serta wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media podcast berkontribusi positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Guru menayangkan video podcast berisi materi pembelajaran, kemudian siswa diminta untuk menulis teks berita berdasarkan tayangan tersebut, salah satunya tentang peristiwa banjir di Tangerang, Banten. Berdasarkan angket yang disebarkan, sebanyak 92% siswa menyatakan sangat setuju bahwa media podcast membantu pemahaman materi dan mempermudah mereka dalam menulis teks berita. Tayangan video podcast yang dilengkapi dengan contoh dan latar belakang suara yang menarik juga menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Hasil menulis teks berita siswa menunjukkan bahwa 21 orang memperoleh nilai rata-rata 95,1, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan temuan ini, penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya pemahaman mengenai pemanfaatan media podcast, khususnya podcast, sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik dalam menulis teks berita.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | ASMARIDA |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |