Nazipurahman, Muhammad (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, DISCOVERY LEARNING DAN DIRECT INTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. S2 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
TESIS MUHAMMAD NAZIPURAHMAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN dan pengesahan.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) |
Abstract
Muhammad Nazipurrahman, 2025. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Discovery Learning dan Direct Intruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Prof. Dr.Drs. Syaiful, M.Pd, (II) Prof. Drs. Maison, M.Si.,Ph.D. Kata kunci : Problem Based Learning, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan matematis siswa mengenai berpikir kritis dan motivasi belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar tinggi, sedang, rendah dan secara keseluruhan. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar tinggi, sedang, rendah dan secara keseluruhan. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Direct Intruction terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar tinggi, sedang, rendah dan secara keseluruhan. (4) Untuk mengetahui interaksi antara penerapan model Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning, dan Direct Intruction (DI) dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimen. Populasi yaitu siswa kelas VII A, B dan C dengan total masing-masing kelas yaitu 25 orang. Teknik analisis data dengan two way anova dengan instrumen angket motivasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran PBL berpengaruh lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran DL. Namun, model pembelajaran DL berpengaruh lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran DI. Motivasi belajar yang tinggi efektif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan motivasi belajar sedang, namun motivasi sedang lebih efektif pula dibandingkan motivasi belajar rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL, DL, dan DI dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Artinya penerapan model pembelajaran PBL, DL, dan DI dengan motivasi belajar (tinggi, sedang, dan rendah) secara bersama-sama memiliki interaksi dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MUHAMMAD NAZIPURAHMAN |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 12:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |