Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan.

Sara, Nenni (2025) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS Nenni Sara PDF FULL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (787kB)
[img] Text
halaman Persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (993kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan. Desain yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan model pre-test post-test control group. Populasinya seluruh kelas IX MTS Laboratorium Jambi yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel sebanyak 48 siswa yang terdiri dari kelas IX-D dan kelas IX-E.Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan berpikir kreatif, angket respon siswa terhadap model pembelajaran PBL berbasis STEM dan observasi. Teknik analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis sedangkan teknik analisis data akhir menggunakan uji N-Gain dan analisis data kemampuan berpikir kreatif. Hasil analisis kemampuan berpikir kreatif menunjukkan nilai N-Gain 0,57 pada kelas eksperimen termasuk kategori cukup efektif, sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai N-GainM 0,44 termasuk kategori kurang efektif, model PBL dengan pendekatan STEM memiliki pengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan indikator berpikir kreatif yang dominan yaitu pada originality cukup efektif sedangkan flexibility ternyata efektif.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PBL, STEM, berpikir kreatif, perkembangbiakan tumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Nenni Sara
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:48
Last Modified: 14 Jul 2025 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83980

Actions (login required)

View Item View Item