Hafizah, Umi (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan & Persembahan.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB V (2).pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
Umi Hafizah Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks budaya Jambi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMPN 11 Kota Jambi dengan subjek penelitian yaitu guru matematika, siswa kelas VIII I dan VIII H tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui angket validitas, angket praktikalitas, angket efektivitas, serta tes kemampuan berpikir kreatif berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, dengan skor validasi materi sebesar 86,7% dan validasi desain sebesar 84,6%. Modul ini juga dinilai sangat praktis, berdasarkan tanggapan dari pendidik sebesar 84% dan peserta didik sebesar 91,6%. Selain itu, efektivitas modul tergolong sangat baik, terlihat dari respon positif siswa sebesar 90,2% serta peningkatan kemampuan literasi matematis yang ditunjukkan melalui rata-rata N-Gain sebesar 0,703%. Dengan demikian, modul ini layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif maupun bahan ajar mandiri. Untuk pengembangan ke depan, disarankan agar durasi penerapan disesuaikan dengan alokasi waktu pembelajaran yang tersedia, serta memperluas cakupan implementasi modul agar menjangkau lebih banyak peserta didik. This research focuses on developing a mathematics learning module that incorporates the Problem-Based Learning (PBL) model with cultural elements from Jambi to improve students' creative thinking abilities. The study employed the 4-D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) and was conducted with eighth-grade students at SMP Negeri 11 Jambi City. Data collection techniques included interviews, expert validation, teacher and student practicality questionnaires, effectiveness questionnaires, and creative thinking tests administered before and after the intervention. The validation results from material and design experts indicated that the module was user-friendly and comprehensible. The effectiveness analysis showed a notable improvement in students’ creative thinking skills, reflected in an average N-Gain score of 0.703%, which falls within the high category. Additionally, the module facilitates the enhancement of four key indicators of creative thinking: fluency, flexibility, originality, and elaboration. These results indicate that the mathematics module based on PBL and enriched with local cultural context is valid, practical, and effective in fostering creative thinking, and has potential as a contextual teaching resource in mathematics education.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Problem Based Learning, Budaya Jambi, Kemampuan Berpikir kreatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UMI HAFIZAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:42 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |