Lisa, Tia (2025) IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELAJAR DITINJAU DARI FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL SISWA SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI TIA LISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (709kB) |
Abstract
Penelitian ini diawali dengan kesenjangan yang terjadi berupa minat belajar yang rendah, kesulitan konsentrasi, kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, berbicara dengan teman saat guru menjelaskan, taku bertanya kepada guru, siswa yang sering keluar kelas, diam saat guru menjelaskan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi minat belajar ditinjau dari faktor internal dan eksternal siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 259 siswa dengan teknik simple random sampling sebanyak 72 sampel. Alat pengumpulan data yaitu angket minat belajar dengan indikator jasmaniah, psikologi, keluarga, sekolah dan masyarakat, justifikasi angket melalui pertimbangan judgment yang semula berjumlah 48 item menjadi 39 item sehingga angket valid dan reliable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek jasmaniah menunjukkan 54,53% berada pada tingkat sedang, aspek psikologi menunjukkan 50,27% berada pada tingkat sedang, aspek keluarga menunjukkan 46,29% berada pada tingkat sedang, aspek sekolah menunjukkan 46,25% berada pada tingkat sedang, dan aspek masyarakat menunjukkan 48,77% berada pada tingkat sedang. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa semua faktor yang diteliti mempengaruhi minat belajar siswa pada tingkat sedang. Disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling agar penelitian ini dapat menjadi kajian dalam mengupayakan bantuan kepada siswa terutama kepada siswa yang memiliki minat belajar yang rendah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Faktor Internal, Eksternal, Minat Belajar, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Lisa |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |