Ghalib, Muhammad Raihan (2025) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Kopi Robusta di Kota Jambi. S1 thesis, Agribisnis.
![]() |
Text
Draft Skripsi Muhammad Raihan Ghalib-D1B019181.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFPUS.pdf Download (154kB) |
Abstract
Muhammad Raihan Ghalib, Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Kopi Robusta di Kota Jambi. Dibimbing oleh, Bapak Dr. Ir. Yanuar Fitri, M.Si. dan Ibu Riri Oktari Ulma, S.P., M.Si. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui gambaran umum konsumen coffee shop yang ada di Kota Jambi, (2) Mengetahui atribut apa yang paling penting dalam memengaruhi preferensi konsumen terhadap minuman kopi robusta di Kota Jambi, (3) Menganalisis preferensi konsumen terhadap minuman kopi robusta di Kota Jambi, dengan fokus pada atribut produk seperti aroma, cita rasa, harga, fasilitas (tangible), dan kualitas pelayanan (quality of service). Penelitian ini menggunakan metode Accidental sampling konsumen coffee shop kopi robusta di Kota Jambi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh atribut yang diteliti memiliki pengaruh terhadap preferensi konsumen. Atribut yang paling memengaruhi dalam penelitian ini adalah atribut cita rasa, pelayanan (quality of service) dan fasilitas (tangible). Dengan harga kopi robusta berkisar Rp20.000– Rp30.000, konsumen tidak hanya mencari cita rasa kopi yang khas dan konsisten, tetapi juga kenyamanan fasilitas serta kualitas pelayanan. Berdasarkan Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 85,02%, mayoritas konsumen merasa puas terhadap kopi robusta yang ditawarkan baik dari cita rasa, pelayanan (quality of service) maupun fasilitas (tangible). Kata Kunci: Kopi Robusta, Coffee Shop, Preferensi Konsumen, Atribut Produk, Customer Satisfaction Index (CSI).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | Ghalib |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |