Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Fase F SMA Negeri 9 Kota Jambi

Siregar, Risa (2025) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Fase F SMA Negeri 9 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (157kB)
[img] Text
COVER..pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (271kB)
[img] Text
SKRIPSI_RISA SANDIAH SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan. .pdf

Download (89kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat dari keberhasilan hasil belajar siswa. Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang tidak mempunyai program resmi seperti lembaga pendidikan formal. Apa yang diperoleh anak di dalam keluarga nantinya akan menjadi dasar dan dikembangkan bagi kehidupan selanjutnya. Selain faktor lingkungan keluarga, faktor lainnya yang mendukung hasil belajar siswa adalah percaya diri (self confidence). ditemukan masih rendahnya dorongan lingkungan keluarga dan rendahnya Self Confidence serta masih banyak siswa yang hasil belajarnya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Fase F SMA Negeri 9 Kota Jambi baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 144 orang Siswa Fase F SMA Negeri 9 Kota Jambidan diambil secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kertas. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (I) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,742 > 1,659. (II) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self confidence terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,273 > 1,659. (III) Terdapat pengaruh secara simultan yang sgnifikan antara lingkungan keluarga dan self confidence terhadap hasil belajar, di mana nilai Fhitung > Ftabel yaitu 34,634 > 3,08. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan keluarga dan self confiddence serta kaitannya dengan hasil belajar, serta diharapkan dapat menjadi literatur agar dapat memiliki lingkungan keluarga yang baik dan dapat meningkatkan self confidence siswa terhadap hasil belajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Self Confidence, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SIREGAR
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:00
Last Modified: 25 Sep 2025 08:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85891

Actions (login required)

View Item View Item