Az Zahra, Putri (2025) Pengembangan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Statistika Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (345kB) |
Abstract
E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) adalah bahan ajar digital yang mengintegrasikan teks, gambar, video, dan animasi melalui pendekatan model pembelajaran PBL pada website Liveworksheet, untuk mengatasi rendahnya kemampuan numerasi siswa kelas X SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis PBL menggunakan Liveworksheet guna meningkatkan kemampuan numerasi materi statistika kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian mencakup dosen Program Studi Pendidikan Matematika sebagai tim ahli, guru matematika kelas X SMAN 2 Kota Jambi, serta siswa kelas X.E SMAN 2 Kota Jambi sebanyak. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli materi dan desain, angket kepraktisan guru serta siswa, dan tes kemampuan numerasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu E-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat diakses menggunakan berbagai perangkat elektronik. E-LKPD ini difokuskan pada materi statistika untuk siswa kelas X SMA dengan menyajikan orientasi masalah berupa suatu permasalahan kontekstual serta bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan E-LKPD interaktif yang layak diujicobakan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas berdasarkan 3 kriteria, yaitu; kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh; 1) presentase kevalidan E-LKPD interaktif dari ahli materi 98% (sangat valid) dan ahli desain 96% (sangat valid), 2) presentase kepraktisan E-LKPD interaktif oleh guru 98% (sangat praktis) dan oleh siswa 97% (sangat praktis), 3) presentase keefektifan E-LKPD interaktif angket respon siswa 95% (sangat efektif) serta dari hasil belajar berupa pretest dan posttest dengan menggunakan N-Gain sebanyak 6 orang dengan kriteria sedang dan 30 orang dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, E-LKPD interaktif menggunakan Liveworksheet berbasis Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan sebagai bahan ajar yang sangat baik digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi statistika guna meningkatkan numerasi siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Problem Based Learning, Liveworksheet, Numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ZAHRA |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:47 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |