Pardede, Jespin (2025) Penerapan Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK,.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I,.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB V,.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
COVER'.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA,.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI,.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN,.pdf Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Nature Learning dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis puisi yang disebabkan oleh keterbatasan kreativitas, rendahnya partisipasi, serta pembelajaran yang masih berpusat di dalam kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Nature Learning yang memanfaatkan lingkungan alam sebagai media belajar, sehingga dapat menumbuhkan imajinasi dan memotivasi siswa dalam mengembangkan ide-ide kreatif dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi yang berjumlah 22 orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan hasil karya menulis puisi siswa. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selama proses pembelajaran, peneliti berperan sebagai pelaksana penerapan metode Nature Learning, sedangkan guru bahasa Indonesia berperan sebagai pengamat jalannya kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Nature Learning dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa, dan dilaksanakan sesuai modul ajar yang disusun peneliti bersama guru bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata peserta didik mencapai 85,95. Siswa menjadi lebih mudah menuangkan ide dan gagasan setelah berinteraksi langsung dengan lingkungan alam sekitar. Selain itu, suasana belajar yang menyenangkan di luar kelas juga mampu mengurangi kejenuhan serta menumbuhkan semangat belajar. Dengan demikian, metode Nature Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Muaro Jambi dan dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang inovatif dalam pengajaran Bahasa Indonesia. This research aims to describe the implementation of the Nature Learning method in poetry writing learning for students of Class VIII A of SMP Negeri 15 Muaro Jambi. The background of this research stems from the low interest and ability of students in writing poetry, caused by limitations in creativity, low participation, and classroom-centered learning. To overcome these problems, the researcher applied the Nature Learning method, which utilizes the natural environment as a learning medium, thereby fostering imagination and motivating students to develop creative ideas in writing poetry. This research used a qualitative method with a descriptive approach. The research subjects were 22 students of Class VIII A of SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Research data were obtained through observation, documentation, and students' poetry writing works. Data analysis was conducted using data reduction, data presentation, and conclusion drawing steps. During the learning process, the researcher acted as the implementer of the Nature Learning method, while the Indonesian language teacher served as the observer of the learning activities. The results show that the implementation of the Nature Learning method in poetry writing learning can increase students' enthusiasm and participation, and was carried out according to the teaching module prepared by the researcher and the Indonesian language teacher, with the average student score reaching 85.95. Students found it easier to express ideas and thoughts after direct interaction with the surrounding natural environment. In addition, the pleasant learning atmosphere outside the classroom was also able to reduce boredom and foster a spirit of learning. Thus, the Nature Learning method is proven effective in improving the poetry writing ability of Class VIII students of SMP Negeri 15 Muaro Jambi and can be used as an innovative alternative learning method in Indonesian Language teaching.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | JESPIN PARDEDE |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:28 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87066 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |