PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NABIILAH KOTA JAMBI

TRIANDINI, RINI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NABIILAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NABIILAH KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (136kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Rini Triandini 2019 Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nabiilah Kota Jambi, Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Prof.Dr. Hj. Emosda, M.Pd,Kons, dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci : Penggunaan Media Boneka Tangan, Kemampuan Menyimak, Anak Penggunaan media boneka tangan menolong anak untuk bernalar, berimajinasi, dan membentuk konsep tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan objek. Berkaitan dengan hal tersebut, penggunaan media boneka tangan dalam kegiatan menyimak dongeng dapat digunakan untuk memvisualkan tokoh dan penokohan dalam dongeng melalui gerakan dan percakapan boneka tangan. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis berminat untuk melakukan sebuah Penelitian dengan judul pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dongeng anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nabiilah Kota Jambi Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dongeng anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nabiilah Kota Jambi Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian eksperimen Pretest-Postest Control Group Design, yaitu melakukan pengukuran kepada dua kelompok yaitu kelempok eksperimen (KE) dan kelompok control (KK) sebelum subjek. Subjek penelitian berjumlah 16 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan ada penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dongeng anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nabiilah Kota Jambi.. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean keterampilan menyimak cerita pretest sebesar 2.00 dan mean posttest sebesar 12.25. Selisih nilai mean pretest dan mean posttest sebesar 10.25. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -3.520 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dongeng anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nabiilah Kota Jambi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RINI TRIANDINI
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:52
Last Modified: 24 Jul 2019 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item