MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

KURNIA, WINA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (71kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (137kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Wina. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Warni, M.Hum (II) Dr. H. Hary Soedarto Harjono M.Pd Kata kunci : Menulis Naskah Drama, Cerita Bergambar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis naskah drama dengan menggunakan media cerita bergambar siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Hal tersebut dilatar belakangi oleh kemampuan siswa menulis naskah drama yang masih kurang. Permasalahan ini memerlukan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan media cerita bergambar dalam proses pembelajaran menulis naskah drama. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi yang berjumlah 38 siswa.Objek penelitian adalah kemampuan menulis naskah drama. Media pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis naskah drama. Peningkatan ditunjukkan dengan nilai kemampuan menulis naskah drama. Nilai rata-rata nilai pada pratindakan siswa sebesar 60,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,3%.Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 75,6. dengan persentase ketuntasan mencapai 59,8%. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 17,1.Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pada siklus II mencapai 82 dengan persentase ketuntasan 81,5%.Hal ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 8,4 dari siklus I dan 23,5 dari pratindakan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Implikasi dalam penelitian ini sebagai masukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru mengenai media cerita bergambar. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan media cerita bergambar dalam pembelajaran menulis naskah drama karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswamenulis naskah drama. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dan memberikan pengalaman belajar yang dapat menumbuhkan inovasi dalam kemampuanmenulis naskah drama.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wina Kurnia
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:15
Last Modified: 02 Aug 2019 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item