Puspita Sari, Anisa and Harizon, Harizon and Fuldiaratman, Fuldiaratman ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 5 JAMBI. Analisis.
![]() |
Text
COVER_pdf.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PENGESAHAN_pdf.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB_1.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB_5.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013, yang memiliki beberapa penyempurnaan pola pikir salah satunya yaitu pola pembelajaran pasif menjadi pola pembelajaran aktif mencari. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pemikirannya sendiri dengan melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengambangkan kemampuan berpikir kritis di dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran STM pada materi larutan penyangga dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 5 Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran dengan jenis model sequential exploratory. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran STM baik dari guru maupun siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment dan uji koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran STM oleh siswa sebesar 71,1% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 74,1% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran STM dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy=0,598 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model pembelajaran STM dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh Kd=35,7% dengan kategori pengaruh rendah, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran STM berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 2 SMAN 5 Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | anisa puspita sari |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 06:42 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |