SYAFEI, M. (2019) PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MAN 5 BATANGHARI. JURNAL PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MAN 5 BATANGHARI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (54kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (45kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK M. Syafei, 2019. Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di MAN 5 Batanghari. Dosen Pembimbing (1) Drs. Rasimin, M. Pd dan (2) Drs. Joni Afri, M. Pd Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih, dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. Interaksi sosial juga merupakan hubungan sosial yang dinamis (timbal balik) antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok dalam masyarakat. Salah satu cara yang dapat diperguanakan untuk menumbuhkan interaksi sosial siswa yaitu layanan informasi bidang sosial. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) mengungkapkan interaksi sosial siswa kelas XI IS 2 MAN 5 Batanghari sebelum diberikan layanan informasi bidang sosial, (2) mengungkapkan interaksi sosial siswa kelas XI IS 2 MAN 5 Batanghari setelah diberikan layanan informasi bidang sosial, dan (3) mengungkapkan pengaruh layanan informasi bidang sosial terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IS 2 MAN 5 Batanghari Dalam penelitian ini jenisnya adalah penelitian semi eksperimen dengan rancangan pretest and posttest digunakan untuk menguji apakah layanan informasi bidang sosial dapat meningkatkan interaksi sosial siswa menjadi lebih baik. Terdiri dari Kelas XI IS 2 sebanyak 26 siswa. Data tentang interaksi sosial dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji t dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) nilai pre-test kelas eksperimen, secara rata-rata keseluruhan indicator terdapat sekitar 44,05% dan pada nilai post-test, keseluruhan indicator ditemukan sekitar 64,34%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat selisih sekitar 19,29%, dan (2) pada tebel paried samples test untuk menentukan diterima atau ditolaknya Ho. Dari kolom t menunjukkan koefisien t hitung sebesar 24,604 dengan koefisien P-value sebesar 0,000. P-value lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial siswa sebelum dan setelah diberikan layanan informasi bidang sosial dengan tiga kali pertemuan dan materi yang berbeda. Berdasarkan data tersebut maka dapat diartikan interaksi sosial siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi bidang sosial. Kata Kunci: interaksi sosial, layanan informasi bidang sosial
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M.SYAFEI |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |