DWI OKTAVIANI, NADIA (2019) IDENTIFIKASI KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. JURNAL IDENTIFIKASI KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (39kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (27kB) |
Abstract
IDENTIFIKASI KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI Penulis : Nadia Dwi Oktaviani NIM : A1E113024 Pembimbing I : Drs. Joni Afri, M.Pd Pembimbing II : Dr. Akmal Sutja, M.pd ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang memperlihatkan bahwa kebiasaan belajar siswa tergolong masih belum efektif, misalnya belajar asal belajar, belajar tanpa persiapan, pasif akan kegiatan kelas, baru belajar pada saat akan ujian atau ulangan saja, serta tidak mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Selain itu beberapa siswa yang tidak membawa buku catatan, menunjukkan bahwa siswa tersebut kurang mempersiapkan diri dalam mengikuti proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi yang berjumlah 140 orang siswa.Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 71orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang diwakili oleh 38 item pernyataan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis persentase, diketahui bahwa secara umum kebiasaan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik. Cara belajar mandiri siswa di rumah sebagai indikator dari kebiasaan belajar siswa berada pada kualitas yang sangat baik. Sedangkan pada indikator cara mengikuti pelajaran, cara belajar kelompok, mempelajari buku dan kebiasaan siswa dalam menghadapi ujian yang berada pada kualitas baik. Hasil tersebut memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Dengan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang optimal, maka akan membantu siswa meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Selain itu, peran orang tua siswa juga tidak kalah pentingnya, dengan membiasakan siswa untuk meakukan kebiasaan belajar di rumah maka akan memberikan dampak terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang mana hal tersebut dapat membantu siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang lebih baik lagi di sekolah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan.. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar Siswa
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Nadia Dwi Oktaviani |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 01:34 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |