EKA DWINANIGSIH, INDRI (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA N 1 MUARO JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA N 1 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (29kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwinaningsih, Eka Indri, 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbere Head Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata nama Senyawa Kelas X SMA N 1 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes (II) Aulia Sanova, S.T.M.Pd Kata kunci : Analisis, Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Penelitian ini di latar belakangi oleh sistem pembelajaran yang masi berpusat pada guru yang membuat siswa belum berperan aktif dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah salah satu alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi antar siswa, memupuk kemandirian dan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya, hasil belajar sebagai objek penilaian dapat dibedakan ke dalam beberapa kategori, antara lain keterampilan dan kebiasaan pengetahuan, dan pengertian, sikap dan cita-cita. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut adalah Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Number Head Together (NHT) dan hubungannya terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata Nama Senyawa, dan untuk mengetahui hubungan dari pelaksanaan model pembelajaran Number Head Together dengan hasil belajar siswa di SMA Negri Number Head Together. Pada penelitian ini instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan model dan lembar tes berbentuk objektif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hubungan yang akan dicari dari keterlaksanaan model dan hasil belajar siswa digunakan rumus korelasi product moment. Keterlaksanaan model Number Head Together oleh guru dan siswa dikategorikan baik, yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil presentasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa disetiap pertemuan. Pada pertemuan pertama sebesar 66,31% dan pada pertemuan kedua sebesar 79,94%, dengan rata-rata yang didapat sebesar 73,13%. Dengan nilai rxy sebesar 0,51945 yang termasuk didalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Number Head Together dikategorikan baik serta terdapat hubungan antara keterlaksanaan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa kelas X MIA 1 SMA N 1 Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | INDRI EKA DWI N |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 02:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |