ELIZA, SEPTI (2019) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ADHYAKSA KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ADHYAKSA KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ADHYAKSA KOTA JAMBI Penulis : Septi Eliza NIM : ERA1D01268 Pembimbing I : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing II : Drs. Rasimin, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang memperlihatkan bahwa terdapat siswa kelas VIII yang memiliki kontrol diri yang kurang baik. hal ini diperlihatkan dengan cara berbicara siswa dengan temannya. Selain itu, perilaku yang menunjukan kurang baiknya kontrol diri siswa dalam bertingkah laku diperlihatkan dengan perilaku yang sering saling mengejek antar siswa bahkan sampai terjadi perkelahian karena disebabkan hal tersebut. Selain itu, Kurang mampunya siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa dalam menyesuaikan diri diperlihatkan dengan fenomena lapangan menunjukan bahwa masih adanya siswa kelas VIII yang kurang berhasil dalam melakukan penyesuaian diri di lingkungan sekolah. Hal ini terlihat dengan adanya siswa yang menyendiri /terisolasi, dan tidak memiliki teman. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa Kota Jambi yang berjumlah 168 orang siswa. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 77 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 29 item pernyataan pada masing-masing variabel. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis statistik Corellations parametrik pearson product moment dengan bantuan program SPSS 21,0. Berdasarkan hasil analisis persentase, diketahui bahwa kontrol diri dan penyesuaian diri siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa Kota Jambi seluruhnya berada pada kualitas yang baik. Sedangkan hasil analisis korelasi membuktikan bahwa terdapat korelasi memadai antara kontrol diri dan penyesuaian diri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara kontrol diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa Kota Jambi. Hasil tersebut memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan layanan bagi siswa. Kemampuan penyesuaian diri siswa dapat dikembangkan dengan pelaksanaan layanan konseling kelompok, yang memiliki tujuan umum yaitu meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa. Kata kunci: Kontrol Diri, Penyesuaian Diri
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SEPTI ELIZA |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 00:25 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 00:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |