KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADASISWA YANG MEMILIKI PRESTASIBELAJAR RENDAH DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI

JUWITA, ALISHA (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADASISWA YANG MEMILIKI PRESTASIBELAJAR RENDAH DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI. JURNAL KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADASISWA YANG MEMILIKI PRESTASIBELAJAR RENDAH DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (77kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa yang Memiliki Prestasi Belajar Rendah Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi Nama : Alisha Juwita NIM : A1E114024 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd 2. Drs. Nelyahardi, M.Pd Kata Kunci :Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar Rendah Setiap manusia membutuhkan komunikasi dengan orang lain. Komunikasi sangat penting dan bermanfaat bagi manusia untuk memudahkan seseorang berinteraksi dengan orang lain. Setiap orang juga tentunya mempunyai cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Sama halnya dengan setiap siswa yang juga mempunyai cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri-ciri efektivitas komunikasi interpersonal pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Komunikasi interpersonal merupakan proses seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, yang mana dapat mengubah sikap, pendapat, atau perilakunya dan menimbulkan umpan balik. Dan juga merupakan gambaran bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dibatasi berdasarkan indikator menurut Kumar dalam Wiryanto (2006:36) efektivitas komunikasi interpersonal mempunyai lima ciri, yaitu: keterbukaan, empati, sikap positif, sikap mendukung, dan kesetaraan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 75 orang dengan teknik total sampling yakni seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian dengan n sedikitnya 36. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa angket dengan memakai skala dikhotomis. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah diolah, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas kemampuan komunkasi interpersonal pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi pada kualitas “sedang” (55%). Dan dilihat berdasarkan hasil masing-masing indikator yaitu keterbukaan pada kualitas sedang (59%), empati pada kualitas sedang (41%), sikap mendukung pada kualitas baik (61%), sikap positif pada kualitas sedang (54%), dan kesetaraan pada kualitas sedang (55%). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk lebih meningkatkan kualitas kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa, sehingga siswa dapat lebih meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi dan juga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Dan juga siswa dapat lebih baik lagi dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ALISHA JUWITA
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:30
Last Modified: 14 Oct 2019 00:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item