Saheni, Saheni (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 8 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERDASARKAN OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 8 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2018/2019.
![]() |
Text
COVER.docx Download (73kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
Abstract
ABSTRAK Saheni, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Objek Langsung Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Batanghari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dra.Hj.Yusra Dewi, M.Pd, dan (2) Pamela Mikaresti,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran, menulis, puisi Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi model pembelajaran menulis puisi berdasarkan objek langsung yang memiliki kriteria penilaian yang meliputi beberapa aspek yaitu (1) tema, (2) diksi, (3) gaya bahasa, (4) imajinasi dan (5) Perwajahan siswa kelas X MIPA1 SMA Negeri 8 Batanghari. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 8 Batanghari yang berjumalah 36 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Objek Langsung Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Batanghari tergolong baik dengan nilai rata-rata 77,68. Berdasarkan kemampuan menulis puisi dan berdasarkan kriteria penilaian dapat disimpulkan bahwa: (1) peguasaan tema dalam menulis puisi dengan nilai rata-rata 69,82 tergolong kriteria baik dan dari 36 siswa hanya 30 siswa mampu menguasai; (2) penguasaan diksi dalam menulis puisi dengan nilai rata-rata 66,51 tergolong kriteria baik dan dari 36 siswa hanya 32 siswa yang mampu menguasai; (3) penguasaan gaya bahasa dalam menulis puisi dengan nilai rata-rata 62,65 tergolong kriteria baik dan dari 36 siswa hanya 31 siswa yang mampu menguasai; (4) penguasaan imajinasi dalam menulis puisi dengan nilai rata-rata 12,04 tergolong kriteria sangat kurang dan dari 36 siswa hanya 4 siswa yang mampu menguasai; (5) penguasaan perwajahan dalam menulis puisi dengan nilai rata-rata 23,17 tergolong kriteria kurang baik dan dari 36 siswa hanya 3 siswa yang mampu menguasai.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | saheni |
Date Deposited: | 13 Dec 2019 04:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 04:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |