Ariezka, Vinni and Chan, Faizal and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP DAMPAK PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV A DI SEKOLAH DASAR SWASTA ADHYAKSA I KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V VINNI.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUan.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
PRAKATA.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap Dampak Pembelajaran secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Kelas VI A di Sekolah Dasar Swasta Adhyaksa I Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Adhyaksa I Kota Jambi pada November 2020. Informasi persepsi guru dan siswa terhadap dampak pembelajaran secara daring menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan terdiri dari 1 orang guru dan 3 orang siswa. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan guru kelas dan lingkungan sekolah dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bawah adanya dampak negatif dan dampak positif pada saat pandemi covid-19 ini menjadi kendala besar tersendiri bagi guru dan siswa dikarenakan guru harus lebih ekstra lagi bekerja. Adapun dampak negatif yaitu kurangnya bimbingan orangtua, kurangnya motivasi siswa saat mengikuti pembelajaran secara daring, terkendalanya fasilitas menyebabkan sebagian siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru. Siswa juga merasa bosan dalam pembelajaran secara daring. Selain itu juga membuat pekerjaan guru menjadi sulit. Sehingga pembelajaran daring menurut guru tidak efektif. Selain dampak negatif adapula keuntungan atau dampak positif dari pembelajaran secara daring menurut guru dan siswa yaitu menambah pengetahuan mengenai penggunaan teknologi, materi dapat diakses oleh pelajar dimana pun dan kapan pun, pembelajaran atau membaca materi dengan santai, selain itu aman dari bahaya virus corona, guru dan siswa terbiasa menggunakan teknologi dalam hal positif. Kesimpulannya yaitu persepsi guru dan siswa terhadap dampak negatif pembelajaran secara daring yaitu mengalami kendala dari pelaksanaan pembelajaran secara daring, sedangkan persepsi guru dan siswa terhadap dampak positif dari pembelajaran secara daring yaitu adanya keuntungan dari pelaksanaan pembelajaran daring hal ini dapat dilihatdari tanggapan guru dan siswa. Kata kunci : persepsi, dampak pembelajaran secara daring
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Vinni Ariezka |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 07:11 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |