IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK PADA KELAS IV TEMA 5 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI 236/IX AUR DURI

Rohaya. S, Ira and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK PADA KELAS IV TEMA 5 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI 236/IX AUR DURI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
judul+cover ira.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Lembar persetujuan, Pengesahan iraa.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Skripsi Ira Full Nian .pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK Pada Tema 5 Subtema 1 Di SD Negeri 236/IX Aur Duri. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 236/IX Aur Duri pada tanggal 10 November sampai 5 Desember 2020. Dan dari data penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama guru kelas IV yang menjadi satu-satunya sumber serta observasi mengenai tahap persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran tematik berbasis TIK Pada Kelas IV Tema 5 Subtema 1. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis terhadap dilakukan analisis terhadap instrumen tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencaan pembelajaran Guru Kelas IV telah mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis TIK menggunakan grup kelas di aplikasi whatssapp dan evaluasi pembelajarannya menggunakan web myquizizzi.com. Aplikasi yang digunakan mudah untuk digunakan selain itu sebelumnya bersama wali murid guru kelas IV telah berkoordinasi dalam implementasi pembelajaran tematik berbasis TIK pada kelas IV tema 5 subtema 1 ini serta adanya kesadaran tentang pentingnya siswa tetap belajar dari rumah oleh warga sekolah merupakan faktor pendukung trhadap implementasi pembelajaran tematik berbasis TIK pada kelas IV tema 5 subtema 1. Pemanfaatan lingkungan sekitar tempat tinggal siswa kurang digunakan, kemudian siswa terkendala dalam penggunaan gawai rendah signal merupakan faktor penghambat terhadap implementasi pembelajaran tematik berbasi TIK pada Kelas IV tema 5 subtema 1. Kesimpulan mengenai implementasi pembelajaran tematik berbasis TIK pada kelas IV tema 5 subtema 1 yakni telah terlaksana dengan baik. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah dapat memberikan pelatihan merata kepada semua guru dalam menerapkan pembelajaran tematik berbasis TIK.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: IRA ROHAYA SITIO
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:24
Last Modified: 20 Jan 2021 06:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16031

Actions (login required)

View Item View Item