Haryanto, Dede (2021) Perbedaan prestasi belajar antara siswa berkebribadian introvert dengan exstrovert di SMP negeri 25 kota jambi. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
cover Skripsi DD.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
Kata pengantar.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI DD.docx Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi DD.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi DD.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (74kB) |
Abstract
ABSTRAK DEDE HARYANTO, 2019. Perbedaan Prestasi Belajar antara Siswa Berkepribadian Introvert dengan Ekstrovert di SMPN 25 Kota Jambi PEMBIMBING : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP N 25 Kota Jambi bahwa terdapat beberapa siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah, terdapat beberapa siswa saat mengikuti pelajaran cenderung diam, tidak aktif dalam bertanya, tetapi tidak membuat keributan dan juga tidak aktif dalam berbicara dengan temannya, ada pula yang aktif dalam bertanya, ada yang ribut dengan temannya dan ada juga yang aktif dalam menjawab pertanyaan guru, bermacam-macam tipe kerpribadian. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti perbedaan prestasi belajar antara siswa berkepribadian introvert dengan ekstrovert di SMPN 25 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan prestasi belajar antara siswa berkepribadian introvert dengan ekstrovert di kelas VIII SMP N 25 Kota Jambi, baik berdasarkan variabel maupun secara keseluruhan. Penelitian ini dibatasi pada prestasi belajar siswa yang berkepribadian introvert dengan ekstrovert kelas VIII di SMPN 25 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang siswa kelas VIII di SMP N 25 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dhikotomis dengan 2 (dua) pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif, bersifat membandingkan variabel yang satu dengan variabel yang lain atau variabel satu dengan standar. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase keseluruhan prestasi belajar siswa sebesar 59,17% dengan kualitas “Sedang” dan rata-rata sebesar 73,43 dengan kualitas “Baik”. Pada variabel prestasi belajar siswa berkepribadian introvert sebesar 31,94% dengan kualitas “Kurang Baik” dan rata-rata sebesar 72,91 dengan kualitas “Baik”, sedangkan pada variabel prestasi belajar siswa berkepribadian ekstrovert sebesar 70,1% dengan kualitas “Baik” dan rata-rata sebesar 73,6 dengan kualitas “Baik”. Selanjutnya di temukan perbedaan prestasi belajar yang berarti, pernyataan ini di peroleh dari hasil penghitungan t-test ditemuan hasil 20,05 sedangkan t-tabel pada derajat kebebasan 78 (80-2) pada tingkat kepercayaan 0,05 maupun 0,1 adalah sebesar 1,991 dan 1,664 maka berarti t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang berkepribadian introvert dengan ektrovert kelas VIII di SMPN 25 Kota Jambi, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Introvert, Ekstrovert, Prestasi Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | DEDE HARYANTO |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 07:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |