Aprilya, Gita and Rahman, K.A. and Pratama, Robin (2021) Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tehadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover-daftar gambar.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadapi Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling sebanyak 150 msiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 6,830 sedangkan ttabel 1,977 diperoleh hasil bahwa 5,368 > 1,977 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X1 terhadap Y yaitu 42,1%, (2) Terdapat pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 3,827 sedangkan ttabel 1,977 diperoleh hasil bahwa 6,196 > 1,977 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X2 terhadap Y yaitu 24,2%, dan (3) Terdapat pengaruh gaya belajar dan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa sebesar 66,3%, sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, misalnya seperti motivasi siswa, minat belajar siswa, intelegensi siswa serta lingkungan belajarnya. Gaya belajar yang paling besar atau paling dominan yang dimiliki oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi adalah gaya belajar auditorial yaitu sebesar 34,8% Maka terdapat simpulan bahwa (1) gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, (2) keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan (3) gaya belajar dan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi belajar. Implikasi dari penelitian adalah (1) agar pihak sekolah lebih memfasilitasi alat belajar untuk siswa agar siswa dapat memaksimalkan gaya belajar yang dimiliki, dan (2) agar pihak sekolah bisa lebih mengarahkan siswanya untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler terutama kepengurusan. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar bisa mengungkapkan gaya belajar dan kegiatan ekstrakurikuler yang seperti apa yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | GITA APRILYA |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 06:45 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |