PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 8 KOTA JAMBI

Saroh, Siti May (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI Siti May Saroh.docx - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
COVER.doc

Download (194kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (132kB)
[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBIN1.docx

Download (123kB)
[img] Text
BAB I1.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V1.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK2.docx

Download (35kB)

Abstract

Saroh, Siti May. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Daring Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Hidrolisisi Garam Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd (II) Prof. Dr. rer.nat.Muhaimin, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Daring, Multipel Representasi, Hidrolisis Garam Adanya wabah Covid-19 membuat proses pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Salah satu alternatif yang dipandang mampu membuat siswa memahami materi kimia dengan baik meski melalui pembelajaran daring yaitu dengan mengembangkan multimedia pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran daring yang bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran pada salah satu materi kimia SMA di kelas XI yaitu hidrolisis garam. Model yang digunakan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran daring ini yaitu model desain pembelajaran berbasis multipel representasi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi yang berjumlah 9 siswa, serta satu orang guru kimia kelas XI. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli materi dan desain, angket tanggapan/penilaian guru serta angket respon siswa terhadap multimedia pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan desain, serta ahli media terhadap multimedia pembelajaran daring berbasis multipel representasi materi hidrolisis garam memberikan penilaian dengan kriteria “Baik” dan layak diujicobakan. Kemudian dari hasil penilaian guru kimia terhadap multimedia pembelajaran daring memperoleh kategori “sangat baik”. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan kategori “sangat baik” Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran daring berbasis multipel representasi ini sangat baik dan bisa digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi hidrolisis garam.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SITI MAY SAROH
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:31
Last Modified: 14 Jul 2021 03:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22903

Actions (login required)

View Item View Item