Wanadiah, Wanadiah (2021) Analisis Tingkatan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Metode Make A Match di TK Pertiwi IX Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 25 Agustus 2020 di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Peneliti melihat pada proses pembelajaran yang berlangsung didalam kelas yang menunjukkan adanya permasalahan berkaitan dengan berpikir simbolik anak, yakni ketika anak diminta untuk berhitung angka 1-20 anak masih kesulitan. Selain itu ketika anak mulai menghitung dengan menggunakan benda, anak terlihat bingung dan masih ragu-ragu. Anak masih kesulitan dalam mengenal lambang huruf, hal ini ditandai dengan anak menyebutkan bunyi huruf yang belum sesuai dengan bentuknya. Anak hanya mampu menyebutkan bunyi huruf dan angka saja, ketika diminta untuk menuliskannya masih belum tepat dan sering menulis secara terbalik. Berpikir simbolik anak dalam penelitian ini menurut Suryana (2016), sedangkan metode make a match yang dimaksud dalam penelitian ini menurut Rusman (2018). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tingkatan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Metode Make A Match di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak-anak di TK Pertiwi IX Kota Jambi sebanyak 33 anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tingkatan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun 1) menyebutkan lambang bilangan 1-20 menggunakan metode make a match di TK Pertiwi IX Kota Jambi berada pada tingkatan “Tinggi” (84%). 2) menggunakan lambang bilangan untuk menghitung menggunakan metode make a match di TK Pertiwi IX Kota Jambi berada pada tingkatan “Tinggi” (79%). 3) mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menggunakan metode make a match di TK Pertiwi IX Kota Jambi berada pada tingkatan “Tinggi” (82%). 4) mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan menggunakan metode make a match di TK Pertiwi IX Kota Jambi berada pada tingkatan “Tinggi” (76%). 5) merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan menggunakan metode make a match di TK Pertiwi IX Kota Jambi berada pada tingkatan “Tinggi” (78%). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu tingkatan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun menggunakan metode make a match di TK Pertiwi IX Kota Jambi secara umum berada pada kategori “Tinggi” (79%).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | WANADIAH |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |