Analisis Keputusan Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Minuman Xi Bo Ba (Studi Kasus pada Konsumen Xi Bo Ba Gerai Jamtos)

Azzahra, Nabilla (2021) Analisis Keputusan Konsumen Muslim dalam Membeli Produk Minuman Xi Bo Ba (Studi Kasus pada Konsumen Xi Bo Ba Gerai Jamtos). S1 thesis, Ekonomi Islam.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (55kB)
[img] Text
2. Tanda Persetujuan..pdf

Download (394kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan Skripsi..pdf

Download (442kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi..pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (129kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (34kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: Https://repository.un

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen Muslim dalam membeli minuman Xi Bo Ba. Adapun faktor-faktor yang diteliti adalah Faktor Sosial dan Budaya yang terdiri dari faktor lingkungan, kelas sosial, peran dan status, keluarga dan pengiklanan, kemudian Faktor Pribadi dan Psikologis yang terdiri dari faktor gaya hidup, harga, keyakinan, pengetauan, kebutuhan, kesadaran halal, kualitas dan merek produk. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini berupa data primer yang didapatkan dari kuisioner dengan yang disebarkan kepada 119 responden yang merupakan konsumen muslim minuman Xi Bo Ba gerai Jamtos. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sosial dan budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli minuman Xi Bo Ba dengan nilai signifikansi 0,355. Sedangkan untuk faktor pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli minuman Xi Bo Ba dengan nilai signifikansi 0,000. Kemudian diketahui bahwa kesadaran halal konsumen muslim masih rendah dibuktikan dengan 49 dari 119 responden memilih sangat setuju bahwa mereka tidak menyadari ada atau tidaknya label halal pada produk ini. Dari tanggapan responden, diketahui bahwa responden yang didominasi oleh generasi Z memungkinkan dalam memutuskan membeli karena mempunyai kebebasan emosional adanya kepercayaan yang tinggi kepada teman dibandingkan faktor lingkungan lain bahkan keluarga sendiri. Faktor gaya hidup memiliki skor 300, hal ini membuktikan bahwa responden pada penelitian ini tetap menerapkan prinsip kesederhanaan dalam teori perilaku konsumen dalam Islam yakni tidak berlebih-lebihan. Pada faktor kebutuhan (rasa haus) memiliki skor 347. Hal ini membuktikan bahwa minuman kesukaan responden pada penelitian ini ketika haus tidak hanya minuman Xi Bo Ba saja, karena banyaknya jenis minuman kekinian yang tidak membuat Xi Bo Ba menjadi satu-satunya minuman kekinian yang dminati konsumen. Kata kunci: Faktor Sosial dan Budaya, Faktor Pribadi dan Psikologis, Keputusan konsumen dalam membeli minuman Xi Bo Ba

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Azzahra
Date Deposited: 01 Nov 2021 03:55
Last Modified: 01 Nov 2021 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item View Item