PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 1 KERINCI

Rizarizki, J.M. (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 1 KERINCI. S2 thesis, Pendidikan Ekonomi.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.docx

Download (399kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN HALAMAN PENGESAHAN.doc

Download (146kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kerinci (2) Mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kerinci (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 Kerinci. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Januszewski dan Molenda (2008) dalam Suryani, Setiawan, dan Putria, (2018: 125) yaitu model ADDIE (Analysis-Desain-Development-Implementation-Evaluation). Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) hasil validasi ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 82,69% dengan kriteria sangat layak. 2) hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 97,72% dengan kriteria sangat layak. (2) keefektifan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan uji coba lapangan, meliputi uji coba guru diperoleh nilai 92,5 dengan kriteria sangat efektif, (3) penggunaan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan uji coba lapangan, meliputi: 1) uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa diperoleh hasil 82,5%, 2) uji coba kelompok besar dengan 25 siswa kelas XI MAN 1 Kerinci, diperoleh hasil 86,7% dengan kriteria sangat baik. Pengembangan ini telah membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran ekonomi sangat layak, sangat efektif, dan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, pengembang menyarankan kepada guru ekonomi agar menggunakan media pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: J.M.RIZARIZKI
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:36
Last Modified: 01 Dec 2021 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28012

Actions (login required)

View Item View Item