Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun 2022

Ridhiyalira, Lira and Akhyaruddin, Akhyaruddin and Larlen, Larlen (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun 2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN,MOTO, PERNYATAAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI,TABEL,LAMPIRAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN_.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta upaya pendidik dalam mengimplementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks fabel. Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan aktivitas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Penyajian data dideskripsikan sesuai hasil penelitian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian pendidik Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran dalam bentuk RPP dan proses pembelajaran mengenai unsur teks fabel di kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi tahun pelajaran 2021. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian pembelajaran teks fabel menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasikan. Bentuk dari kegiatan mengamati secara luas peserta didik melakukan pengamatan melalui kegiatan: melihat, menyimak, mendengar, dan membaca. Pada kegiatan menanya peserta didik bertanya seputar pembelajaran teks fabel selanjutnya peserta didik harus mencari dan mengumpulkan informasi tentang materi yang dipelajari, menentukan struktur-struktu teks fabel, Pada kegiatan menalar peserta didik diajak berkreasi menyelesaikan peroses menalar sehingga mampu mengolah informasi yang telah didapat dan mengkomunikasikan bersama-sama.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teks fabel, pendekatan, saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Farah Ridhiyalira
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:56
Last Modified: 20 Jun 2022 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35106

Actions (login required)

View Item View Item