Oktriani, Pepi (2022) Pengaruh Bermain Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Kelas B2 di TK Darma Wanita Mendalo Darat. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan pepi.pdf Download (973kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh bermain Tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B2 TK di Darma Wanita Mendalo Darat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis ekperimen yang dilakukan adalah Eksperimental Design (nondesign) dengan bentuk One Group Pretest Post-test Design. Data perkembangan mengenal bentuk geometri melalui bermain tangram di peroleh dari lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik TK Darma Wanita Mendalo Darat kelas B2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri anak dengan bermain tangram mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai bahwa nilai thitung sebesar (7,776) > ttabel (2,228). Ttabel didapatkan dari n – 2 = 12 yang dalam distribusi ttabel didapat nilai 2,228. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen‟s d 2,35 masuk dalam kategori kuat (Strong effect). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bermain tangram dapat berpengaruh terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri anak. Kata kunci: Bermain Tangram, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. This research is motivated by the still undeveloped ability to recognize geometric shapes in children. The purpose of this study was to find out the influence of playing Tangram on the ability to recognize the geometric shapes of children in group B2 kindergarten in Darma Wanita Mendalo Darat. The type of research used in this study is experimental. The type of experiment carried out is Experimental Design (nondesign) in the form of One Group Pretest Post-test Design. Developmental data on recognizing geometric shapes through playing tangrams are obtained from observation sheets. The subjects in this study were students of Darma Wanita Mendalo Darat Kindergarten class B2. The results showed that the development of the ability to recognize children's geometric shapes by playing tangram has increased. Based on the results of data analysis, a value was obtained that the calculated value of (7.776) > ttable (2.228). Ttabel is obtained from n – 2 = 12 which in the ttable distribution is obtained the value of 2.228. The data showed a significant influence, with the interpretation criteria of cohen‟up to 2.35 falling into the strong category (Strong effect). The conclusion of this study is that playing tangram can affect the development of knowing children's geometric shapes. Keywords: Playing Tangram, The Ability to Recognize Geometric Shapes
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Playing Tangram, The Ability to Recognize Geometric Shapes Bermain Tangram, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Oktriani |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:08 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |