Fitri, Nurul Rahmiah and Rusdi, muhammad and Effendi, Haris (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF INQUIRY BLENDED LEARNING (AIBL), ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI), GUIDED INQUIRY BASED LEARNING (GIBL) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI KIMIA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
TESIS NURUL RAHMIAH FITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan proses sains (KPS) dan kemampuan argumentasi dapat dilatih dalam pembelajaran dengan cara memilih model yang cocok dan sesuai untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Salah satu model yang sintak pembelajarannya cocok dengan komponen KPS dan kemampuan argumentasi siswa adalah model inkuiri. Model inkuiri telah banyak diterapkan seperti Guided Inquiry Based Learning (GIBL) dan dimodifikasi seperti model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dan Argumentatif Inquiry Blended Learning (AIBL), dimana model pembelajaran ADI dan AIBL dalam sintak pembelajarannya sudah terintegrasi dengan kegiatan argumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan keterampilan proses sains siswa terhadap kemampuan argumentasi siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 3 x 2 dengan metode mixed method. Instrumen penelitian berupa tes kategorisasi KPS, lembar observasi keterlaksanaan model, dan tes esai untuk melihat kemampuan argumentasi siswa di awal dan akhir pembelajaran dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data kualitatif dilakukan dengan merangkum bagaimana adanya aktivitas pembelajaran di kelas AIBL, ADI, dan GIBL. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif N-gain, uji t�dependent, dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan argumentasi siswa; (2) terdapat pengaruh tingkat KPS terhadap kemampuan argumentasi siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat KPS terhadap kemampuan argumentasi siswa. Untuk melihat sejauh mana perbedaan signifikansi antar kelompok uji terhadap variabel yang digunakan, maka dilakukan uji lanjutan menggunakan uji tukey dan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan secara signifikan argumentasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran AIBL, ADI, dan GIBL.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Argumentasi, Keterampilan Proses Sains, Argumentatif Inquiry Blended Learning (AIBL), Argument Driven Inquiry (ADI), Guided Inquiry Based Learning (GIBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fitri |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 07:01 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |