Azizah, Elvia (2023) PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_PGSD FKIP UNJA.pdf Download (951kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_Cover, Pernyataan, Daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_BAB I.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_BAB II.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_BAB III.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_BAB V.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_Daftar Rujukan.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Elvia Nur Azizah_A1D119116_Lampiran.pdf Download (992kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan asesmen berbasis HOTS menggunakan aplikasi kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar, 2) mendeskripsikan tingkat validasi asesmen berbasis HOTS menggunakan aplikasi kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar, dan 3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan asesmen berbasis HOTS menggunakan aplikasi kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran, masukan dan perbaikan dari validator, praktisi serta pendapat peserta didik terkait produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari angket validator, praktisi, dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Februari 2023. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi oleh validator, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara kepada guru dan peserta didik. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan asesmen yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa asesmen berbasis HOTS menggunakan aplikasi kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar yang proses pengembangannya melalui model ADDIE. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor 4,9 dengan kategori sangat valid, hasil angket respon guru diperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa asesmen berbasis HOTS menggunakan aplikasi kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Asesmen, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Azizah |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 04:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |