PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN FITUR TIKTOK PLAYLIST PADA MATERI KIMIA HIJAU

Fitariyanti, Rika (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN FITUR TIKTOK PLAYLIST PADA MATERI KIMIA HIJAU. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (441kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Video pembelajaran berbasis PBL adalah video yang dikembangkan untuk memfasilitasi pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi kimia hijau untuk mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan berdasarkan ahli media, ahli materi, ahli praktisi serta respon dari peserta didik. Pengembangan video pembelajaran menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara guru dan angket siswa. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, selanjutnya dilakukan penilaian oleh ahli praktisi yaitu guru. Kemudian diujicobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli media dan ahli materi dengan rerata skor masing-masing sebesar 3,25 dan 3,16 dalam kategori layak. Selanjutnya, diperoleh penilaian praktisi oleh guru kimia dengan rerata skor sebesar 3,77 dengan kategori sangat layak serta mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase sebesar 91,5%. Dengan demikian penggunaan video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi kimia hijau layak digunakan sebagai salah satu panduan dan sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi kimia hijau.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Problem Based Learning, Kimia Hijau
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitariyanti
Date Deposited: 03 May 2024 02:58
Last Modified: 13 Jun 2024 13:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63240

Actions (login required)

View Item View Item