PENERAPAN TEKNIK IMAGINE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERTEMA LINGKUNGAN SEKOLAH FASE D KELAS VIII A SMP NEGERI 15 MUARO JAMBI

Rahayu, Erna (2024) PENERAPAN TEKNIK IMAGINE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERTEMA LINGKUNGAN SEKOLAH FASE D KELAS VIII A SMP NEGERI 15 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
erna rahayu pengesahan.pdf

Download (463kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik imagine dalam menulis puisi siswa bertema lingkungan sekolah fase D kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Muaro Jambi, subjek dari penelitian ini guru Bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa pengamatan terhadap guru dalam menerapkan teknik imagine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Aspek yang di nilai pada penelitian ini adalah hasil dari guru Bahasa Indonesia yaitu ibu Eva Susanti, S.Pd., saat menerapkan pembelajaran menggunakan teknik imagine dan hasil kerja peserta didik dalam menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan teknik imagine dalam pembelajaran materi menulis puisi bertema lingkungan sekolah fase D kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar sesuai dengan modul ajar. Hal tersebut terlihat dari proses pembelajaran dimulai ketika guru melakukan kegiatan pendahuluan, kemudian pada tahapan inti guru menjelaskan, mengajukan pertanyaan dan menentukan hasil kerja peserta didik yang akan dibuat, guru mengintruksikan peserta didik untuk membuat puisi sesuai tema yang telah ditentukan, dan menentukan jadwal hasil kerja peserta didik. Selanjutnya pada kegiatan penutup guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Kata kunci: penerapan, teknik imagine, menulis puisi This research aims to describe the application of imagination techniques in writing poetry for students with the theme of the school environment at stage D class VIII A of SMP Negeri 15 Muaro Jambi. This research was carried out at SMP Negeri 15 Muaro Jambi, the subject of this research was the Indonesian language teacher in class VIII A of SMP Negeri 15 Muaro Jambi. The approach in this research is a qualitative approach. This type of research is descriptive. The data obtained from this research is in the form of teacher observations in applying the imagine technique. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques in this research used observation, documentation and test techniques. The aspects assessed in this research are the work of the Indonesian language teacher, namely Mrs. Eva Susanti, S.Pd. when carrying out learning using imagination techniques and students' work in writing poetry. The results of the research show that the application of imagination techniques in learning material on writing poetry with the theme of the school environment at stage D class VIII A of SMP Negeri 15 Muaro Jambi went smoothly according to the teaching module. This can be seen from the learning process which begins when the teacher carries out preliminary activities, then at the core stage the teacher explains, asks and determines the results of the student's work that will be made, the teacher instructs the students to create poetry according to what is expected. with a predetermined theme, and determine the work schedule. student. Next, in the closing activity, the teacher and students conclude the learning that has been carried out. Key words: application, imagination techniques, writing poetry

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penerapan, teknik imagine, menulis puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Rahayu
Date Deposited: 29 May 2024 02:00
Last Modified: 29 May 2024 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64151

Actions (login required)

View Item View Item