Hidayati, Isna Wahyu (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI ANYAMAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ISNA WAHYU HIDAYATI_A1D120149.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru mengimplementasikan profil pelajar pancasila dimensi mandiri melalui pembelajaran seni rupa materi anyaman di Sekolah Dasar. Pada penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 34/I Teratai di Kabupaten Batanghari, Jambi. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik uji validitas data yaitu triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila dimensi mandiri diimplementasikan melalui pembelajaran seni rupa pada materi anyaman. Tahap implementasi dilakukan dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu. Pelaksanaan implementasi dimensi mandiri dengan aspek mengambil langkah awal, percaya akan diri sendiri, dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler pada mata pelajaran seni rupa materi anyaman. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam menanamkan profil pelajar Pancasila dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan pembiasaan dan keteladanan yang sudah direncanakan dan diupayakan oleh sekolah dan guru. This research aims to describe how teachers implement the Pancasila student profile's independent dimension through visual arts learning on weaving material in elementary schools. In the research, the researcher used a qualitative approach with the type of research being phenomenology. This research was conducted at SD Negeri 34/I Teratai in Batanghari Regency, Jambi. The subjects of this research are the teachers and students of class VB. The data collection techniques used are interviews, observations, and documentation. This research uses data validity testing techniques, namely triangulation technique. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results show that the Pancasila student profile's independent dimension is implemented through visual arts learning on weaving material. The implementation stage is carried out by first making a plan. The implementation of the independent dimension with aspects of taking the first step, self-confidence, and developing into a responsible individual is carried out through extracurricular activities in the art subject on weaving material. Based on the research results obtained, it can be concluded that instilling the Pancasila student profile can be carried out through various habituation and exemplary activities that have been planned and implemented by the school and teachers.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil pelajar pancasila, dimensi mandiri, seni rupa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ISNA WAHYU HIDAYATI |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 07:44 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |