PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETHNOMATEMATICS BERBANTUAN MINIATUR RUMAH ADAT JAMBI KAJANG LAKO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD IT AHMAD DAHLAN

Kuria, Anggraini (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETHNOMATEMATICS BERBANTUAN MINIATUR RUMAH ADAT JAMBI KAJANG LAKO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD IT AHMAD DAHLAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER BARU.docx

Download (122kB)
[img] Text
3.HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Anggraini.2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Ethnomatematics Berbantuan Miniatur Rumah Adat Jambi Kajang Lako Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Pada Siswa Kelas Iv SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi: Skripsi, Program studi pendidikan guru sekolah dasar. Jurusan ilmu pendidikan, FKIP Universitas jambi, Pembimbing : (1) Drs. Arsil, M.Pd., (2) Suci Hayati S.Pd ., M.Pd., Kata Kunci: Ethnomatematic, Literasi Matematika Penelitian ini dilakukan di SDIT Ahmad Dahlan kota Jambi pada kelas IVA memperlihatkan kemampuan literasi matematika siswa menunjukkan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal literasi matematika, maka diperlukan perbaikan proses pembelajaran dengan penerapan pembelajaran berbasis ethnomatematic berbantuan miniatur rumah adat jambi kajang lako. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis ethnomatematics berbantuan miniatur rumah adat Jambi kajang lako dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika pada siswa kelas IVA SDIT Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dengan dua siklus, model tindakan kelas yang digunakan adalah model PTK Kemmis dan MC Taggart dengan 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara tidak terstruktur, data kuantitatif diperoleh melalui hasil test kemampuan literasi matematika siswa. Hasil penelitian menunjukan persentase kerberhasilan pada pertemuan I siklus I sebesar 51,0 % dan pertemuan II siklus II mengalami peningkatan menjadi 53,5 %. Pada pertemuan I siklus II sebesar 63,1% dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu sebesar 76,6 % Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran ethnomatematic berbantuan rumah adat jambi kajang lako dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kela IV A SDIT Ahmad Dahlan kota Jambi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGRAINI
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:23
Last Modified: 08 Apr 2019 04:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7606

Actions (login required)

View Item View Item