Hopipah, Ria (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 149/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan dan persembahan.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ria Hopipah, 2025 : Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 149/IV Kota Jambi Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAS Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh, mencakup aspek spiritual, intelektual, dan keterampilan. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran di sekolah dasar masih banyak yang berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 149/IV Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan Discovery Learning, terjadi peningkatan signifikan dalam hasil belajar, yaitu dari 53% pada siklus I pertemuan pertama menjadi 95% pada siklus II pertemuan kedua. Model ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi, semangat belajar, dan pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Dengan demikian, Discovery Learning dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learnin, IPAS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Ria Hopipah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:07 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |