Pengaruh Growth Opportunity dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan Consumer Non-Cyclical Periode 2020–2023)

Putra, M. A. K. (2025) Pengaruh Growth Opportunity dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan Consumer Non-Cyclical Periode 2020–2023). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh growth opportunity dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020–2023. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena anomali keuangan di tengah kestabilan industri. Pada umumnya, sektor consumer non-cyclical dikenal sebagai sektor defensif. Namun, yang menarik adalah beberapa perusahaan besar di sektor ini justru mengalami penurunan nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbasis data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 perusahaan yang memenuhi kriteria seleksi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan path analysis(analisis jalur) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa growth opportunity tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sementara leverage berpengaruh terhadap struktur modal. Namun, baik growth opportunity maupun leverage tidak memiliki pengaruh yang terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, struktur modal juga terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan tidak mampu memediasi hubungan antara growth opportunity maupun leverage terhadap nilai perusahaan. This study aims to examine and analyze the effect of growth opportunity and leverage on firm value, with capital structure as a mediating variable, in non- cyclical consumer sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2020–2023 period. The background of this research is based on the phenomenon of financial anomalies occurring amid the sector’s generally stable nature. Typically, the non-cyclical consumer sector is recognized as a defensive sector. However, interestingly, several large companies in this sector have experienced a decline in firm value. This research is a quantitative study based on secondary data. The sampling technique used was purposive sampling, resulting in a total sample of 32 companies that met the selection criteria. The data analysis methods employed were descriptive statistics and path analysis, assisted by SPSS software version 30. The results of the study show that growth opportunity has no effect on capital structure, while leverage does affect capital structure. However, neither growth opportunity nor leverage has any effect on firm value. Furthermore, capital structure is also proven to have no effect on firm value and is unable to mediate the relationship between growth opportunity and leverage on firm value.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Growth opportunity, Leverage, Struktur Modal, Nilai Perusahaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > SI Akuntansi
Depositing User: Putra
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:53
Last Modified: 03 Sep 2025 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85627

Actions (login required)

View Item View Item