MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 187/I TERATAI

Welly, Rinsi Destya MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 187/I TERATAI. UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
BAB 1 PERBAIKI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 (Repaired).pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Autosaved).pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V fix.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR fiiix.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS I I I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS I I I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS I V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS I.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Welly,Rinsi Destya. 2017. ”Meningkatkan Krearivitas Belajar Siswa Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaan IPA Siswa Kels IV SD Negeri 187/I Teratai”. Skrisi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pemimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas Siswa Melalui Metode Problem Solving Penelitian ini berlatar belakangi rendahnya kreativitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri 187/I Teratai dalam menemukan ide-ide atau gagasan yang baru padahal pada pembelajaran IPA siswa diharapkan mampu memecahkan perasalahan yang ada di lingkungan sekitar siswa. Guru belum mengunakan metode pembelajaran, guru belum membangkitkan motivasi siswa dan guru belum menggunakan media sebagai media pembelajaran sehingga siswa menjadi tidak bersemangat saat belajar. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan krativitas belajar siswa melalui metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA materi energi di kelas IV SD Negeri 187/I Teratai. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 187/I Teratai dengan jumlah siswa 17 orang. Waktu pelaksanaan semester II tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti siswa yang kreatif mencapai 25,7%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas hasil penelitian pada siklus I didapatkan tingkat kreativitas belajar siswa sebesar 61% dengan jumlah siswa yang tuntas 9 siswa, dengan demikian dapat dikatakan tingkat kreativitas belajar siswa cukup kreatif. Pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa mencapai 100% dengan persentase mencapai 89,79% dan siswa yang tuntas dengan jumlah 17 siswa. Dengan demikian, penelitian ini telah memenuhi kriteria keberhasilan penilaian yang telah di tetapkan yaitu telah mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri 187/I Teratai

Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rinsi Destya Welly
Date Deposited: 14 Jul 2017 06:59
Last Modified: 14 Jul 2017 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item