SILABAN, BERNADETHA (2021) Analisis pemahaman konsep matematis siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pola bilangan. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
SKRIPSI BERNADETHA Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover Bernadetha Silaban (RSA1C216017).pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB I Bernadetha Silaban (RSA1C216017).pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB V Bernadetha Silaban (RSA1C216017).pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN Bernadetha Silaban (RSA1C216017).pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN BERNADETHA-1.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa yang bergaya beajar visual dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dikerjakan dengan metode think aloud dan lembar wawancara. Tes pemahaman konsep matematis diberikan kepada 6 calon subjek. Lalu jawaban siswa dikelompokkan menjadi 3 kelompok berdasarkan cara pengerjaan yang sama yaitu kelompok pertama membuat apa yang diketahui, kemudian mencari selisih antar baris yang berurutan, kelompok kedua menuliskan apa yang diketahui, kemudian mencari selisih antar 2 baris tanpa berurutan dan kelompok ketiga tanpa menuliskan selisih baris. Hasil penelitian menunjukan siswa bergaya belajar visual kelompok yang mencari selisih baris berurutan memenuhi 7 indikator pemahaman konsep. Kemudian siswa bergaya belajar visual kelompok yang mencari selisih antar dua baris tanpa berurutan hanya memenuhi 5 indikator pemahaman konsep . Selanjutnya untuk siswa bergaya belajar visual kelompok yang tidak menuliskan selisih baris hanya memenuhi 2 indikator pemahaman konsep. Hal ini menunjukkan bahwa setiap siswa yang diteliti memiliki pemahaman konsep yang berbeda-beda walaupun sama-sama bergaya belajar Visual. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar Visual, Materi Pola Bilangan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | BERNADETHA SILABAN |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 03:34 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |