Penerapan Unsur Pendekatan MIKiR Dalam Sistem Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar

Juliana, Endang and yantoro, yantoro and SHOLEH, MUHAMMAD (2021) Penerapan Unsur Pendekatan MIKiR Dalam Sistem Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (566kB)
[img] Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (602kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Juliana, Endang. 2021. Penerapan Unsur Pendekaan MIKiR dalam Sistem Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Pendekatan MIKiR, Pembelajaran Daring. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran daring yang berjalan di masa pandemi mengakibatkan adanya perubahan terhadap cara pendekatan diterapkan dalam pembelajaran secara daring. pendekatan MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) diterapkan secara daring di sekolah dasar dengan menyesuaikan sistem daring yang sedang berlangsung. Keterlaksanaan setiap unsur perlu dianalisis dalam prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan unsur pendekatan MIKiR dalam sistem pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 64/I Muara Bulian pada bulan November-Desember 2020. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi pelaksanaannya. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan peserta didik kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Setelah dilakuak pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas IV A SD Negeri 64/I Muara Bulian telah menerapkan unsur pendekatan MIKiR dalam pembelajaran daring. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan unsur Mengalami (M), Interaksi (I), Komunikasi (Ki) dan Refleksi dalam proses pembelajaran. Kegiatan Mengalami yang dilakukan dalam pembelajaran daring berupa kegiatan pengamatan, melakukan percobaan/praktik, berwawancara dan menggali informasi. Kegiatan Interaksi yang dilakukan dalam pembelajaran daring berupa kegiatan berdiskusi, mengajukan pertanyaan dan pendapat kepada guru ataupun peserta didik lainnya, dan meminta komentar mengenai apa yang sudah dikerjakan dalam pembelajaran. Kegiatan Komunikasi dapat terlihat pada kegiatan kegiatan mendemonstrasikan, menjelaskan sesuatu, kegiatan bercerita, melaporkan hasil kerja dan saling mengungkapkan pendapat atau pikirannya. Terakhir adalah kegiatan Refleksi, kegiatan ini dilakukan dengan cara refleksi secara langsung dalam pertemuan daring, refleksi yang dituangkan dalam media tulis dan kegiatan refleksi yang dilihat dari kegiatan pengerjaan LKPD MIKiR. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penerapan unsur pendekatan MIKiR dalam sistem pembelajaran daring di kelas IV A telah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan setiap unsur MIKiR dalam pembelajaran daring baik yang dilakukan oleh peserta didik serta apa yang dilakukan oleh guru. Sebagian besar sesuai dengan indikator setiap unsur MIKiR dalam sistem pembelajaran daring

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Endang Juliana
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:28
Last Modified: 02 Mar 2021 02:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item